Sabtu, 02 Mei 2009

Jet Pump

Dalam kehidupan sehari-hari, jet pump sangat membantu kita dalam hal memenuhi kebutuhan akan air, sehari saja jet pump tidak hidup, terus saja panik, mau cari air dimana.

Jet pump adalah alat penyedot air sangat dalam yang ditunjang oleh motor listrik berdaya besar, ruang dengan baling-baling penyedot air, dan penyemprot air bertekanan tinggi yang diletakan jauh di dalam.

Motor jet pump adalah motor dua phase yang memerlukan kapasitor sebagai penggeser phase, kapasitor tersebut menggeser tegangan ac utama untuk mendapatkan tegangan ac kedua, kedua tegangan ac ini akan membentuk medan magnet berputar atau berotasi.

Oleh karena itu, salah satu penyebab mengapa motor jet pump tidak mau bergerak, dimana badan motornya mendengung dan panas, yaitu karena kapasitor penggeser phase (22uF/450V) itu berkurang nilainya atau mati. Penyebab lainnya adalah faktor mekanik, seperti klaker motor yang aus atau ada batu di ruang penyedot, atau karena sebab lainnya, seperti kumparan motor yang terbakar oleh karena, motor terlalu lama berhenti atau kipas pendingin yang tidak berfungsi.


^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar