Kamis, 05 Februari 2009

Elektronika Dasar

Sejak penemuan bahan semikonduktor, ternyata semakin banyak kemudahan yang didapat dan semakin besar manfaatnya dalam peradaban manusia di segala bidang. Radio, Televisi, Computer, Laptop, PDA, Play Station (PS), xBox, iPod, Hand Phone, BlackBerry, Bluetooth, GSM, CDMA, Wireless, Radio Control (RC), Controlled Discharge Ignation (CDI), Global Positioning System (GPS), Satelite adalah beberapa contoh barang yang ditunjang oleh seperangkat elektronika.


Komponen Elektronika

Komponen elektronika ada dua jenis yaitu Aktif dan Pasif


Komponen Pasif

Resistor, Kapasitor, Induktor, Trafo (Transformator)
Dioda, Diac, Varactor

Resistor

Besarannya R, Satuannya Ohm, Simbolnya Omega.
Rumusnya V = I R

Kapasitor

Besarannya C, Satuannya Farad, Simbolnya F
Rumusnya i = C dv/dt

Induktor

Besarannya L, Satuannya Henry, Simbolnya H
Rumusnya v = L di/dt

Trafo (Transformator)

Trafo Daya: Trafo Penurun Tegangan dan Trafo Penaik Tegangan

Trafo Flyback

Trafo jenis ini biasa digunakan pada perangkat yang menggunakan tabung sinar katoda (CRT = cathode ray tube). Trafo ini berintikan ferrit dan terdiri dari banyak kumparan, bekerja pada frekuensi 15 kHz hingga 100 kHz, dan tegangannya berbentuk pulsa. Fungsi utamanya adalah membentuk tegangan-tegangan bias yang dibutuhkan oleh CRT, yaitu seperti tegangan layar 10kV s/d 30kV, tegangan fokus 3kV s/d 6kV, tegangan brightness 200V s/d 300V dan tegangan katoda -75V s/d -150V.

Dioda

Dioda adalah komponen yang terbuat dari dua lapis bahan semikonduktor jenis P dan N. Dioda bisa berfungsi sebagai penyearah atau sebagai kapasitor variabel. Dioda dalam keadaan arus maju bertegangan 0.6 - 1.2 volt dan dalam keadaan arus mundur bertegangan 7 V - 2 KV.

Dioda akan terhubung singkat bila mengalami tegangan mundur berlebihan atau melampaui ambang batas tegangan mundur maksimum dan dioda akan terbakar karena panas berlebihan bila mengalami arus maju berlebihan atau melampaui ambang batas daya maksimum.



Komponen Aktif

Triac, SCR (Silicon Controlled Rectifier), Thyristor
Transistor, IC (Integrated Circiut)


Transistor

BJT = Bipolar Junction Transistor
FET = Field Effect Transitor
MOSFET = Metal Oxide Silicon FET


IC (Integrated Circuit)

IC adalah rangkaian terintegrasi dari dua atau lebih komponen yang dibentuk pada satu badan atau satu keping (chip), berukuran dari mikro meter hingga nano meter, dikemas dalam bentuk sip dan dip. IC ada dua jenis berdasar pemakaiannya, yaitu IC Analog dan IC Digital.


^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar